https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
DEVELOPING SPEAKING FLUENCY OF GRADEVII STUDENTS THROUGH GUESSING GAMES AT SMP AL-AZHAR PALU | Yusri | BAHASANTODEA

DEVELOPING SPEAKING FLUENCY OF GRADEVII STUDENTS THROUGH GUESSING GAMES AT SMP AL-AZHAR PALU

Yusri Yusri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan kelancaran berbicara siswa kelas VII SMP Al-Azhar Palu dengan menggunakan teknik permainan menerka. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Al-Azhar Palu yang berjumlah 32 orang. Peneliti menerapkan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Siklus 1 dilaksanakan dengan 4 (empat) pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dengan 2 (dua) pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian siswa dalam berbicara meningkat perlahan-lahan dari nilai rata-rata: 72.82 di siklus 1 dan 78.85 di siklus 2. Nilai tersebut mengalami peningkatan sebanyak 6.03 poin. Jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan berjumlah 12 orang dari 32 siswa (37.50%) pada siklus 1 menjadi 27 orang (84.38%) di siklus 2. Hasil ini menunjukkan bahwa keberhasilan klasikal mencapai 80% (delapan puluh persen) dari 32 siswa di kelas tersebut yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal sebesar 80 (delapan puluh) sesuai dengan indikator kriteria pencapaian dalam penelitian tindakan kelas ini. Hasil ini menunjukkan bahwa tindakan yang diterapkan dalam dua siklus melalui permainan menerka telah berhasil dalam memecahkan permasalahan berbicara siswa dan secara efektif mampu mengembangkan kelancaran mereka.

Katakunci: Mengembangkan, Berbicara, Kelancaran, Permainan, dan Menebak.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar