https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
TEACHING WRITING RECOUNT TEXT TO GRADE X STUDENTS AT SMA NEGERI 2 PALU THROUGH PICTURES | Setiawati | BAHASANTODEA

TEACHING WRITING RECOUNT TEXT TO GRADE X STUDENTS AT SMA NEGERI 2 PALU THROUGH PICTURES

Ratih Setiawati

Abstract


Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kolaboratif. Peneliti dan kolaborator bekerja sama menyiapkan perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi selama penelitian. Siswa yang menjadi subyek penelitian ini adalah kelas XA di SMA Negeri 2 Palu tahun ajaran 2012/2013. Peneliti adalah guru yang mengajar di kelas X, sehingga ia memutuskan untuk menjadikan siswa kelas XA sebagai subyek penelitiannya. Sebagian besar siswa di kelas XA ini mengalami kesulitan dalam menulis teks recount. Hal ini disebabkan karena penggunaan kekeliruan tata bahasa dan ketidak tepatan penggunaan  kata. Siswa juga tidak dapat menyusun kalimat-kalimat berbentuk lampau secara terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan siswa dalam menulis sebuah teks recount melalui gambar. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri atas tiga pertemuan. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dari hasil observasi, catatan lapangan, wawancara, dan tes. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah siswa harus mendapatkan nilai sama atau lebih dari 7.5 sebagai nilai individu dan harus dicapai oleh 75% dari keseluruhan jumlah siswa. Temuan-temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gambar efektif untuk secara bertahap membantu siswa mengatasi kesulitan dalam menyusun sebuah teks recount. Efektifitas dari penggunaan gambar dibuktikan oleh adanya perubahan signifikan dari rerata nilai klasikal siswa, 22 dari 33 siswa atau (66,7%) mendapat nilai di atas atau setara dengan 7.5 di siklus 1. Di siklus 2, jumlah tersebut menjadi 28 dari 33 siswa atau (84,8%) mendapat nilai di atas atau setara dengan 7.5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan gambar efektif untuk mengembangkan ketrampilan menulis siswa.

Kata kunci: mengembangkan,  ketrampilan menulis, teks recount, gambar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar