https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
TEACHING READING SKILL TO GRADE VIII STUDENTS AT SMP NEGERI 1 SINDUE TOMBUSABORA THROUGH COOPERATIVE LEARNING | Minarni | BAHASANTODEA

TEACHING READING SKILL TO GRADE VIII STUDENTS AT SMP NEGERI 1 SINDUE TOMBUSABORA THROUGH COOPERATIVE LEARNING

Minarni Minarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Keterampilan membaca untuk Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sindue Tombusabora melalui Pembelajaran Kooperatif. Subyek penelitian adalah kelas VIII terdiri dari 30 siswa SMPN 1 Sindue Tombusabora. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan lembar observasi, catatan lapangan, selama pelaksanaan tindakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Kooperatif efektif dalam mengembangkan keterampilan membaca siswa. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif ditunjukkan oleh peningkatan skor siswa. Temuan menunjukkan bahwa pada siklus 1 terdapat 19 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Ini berarti bahwa pencapaian klasikal adalah 63,3%. Dalam siklus 2, ditemukan bahwa terdapat dua 24 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Ini berarti bahwa prestasi yang diperoleh adalah 80%. Prestasi didapat didasarkan pada jumlah siswa yang mendapat skor minimal kriteria keberhasilan (65). Kedua prestasi individu yang diperoleh telah memenuhi kriteria keberhasilan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Kooperatif efektif untuk mengembangkan keterampilan membaca siswa.

Kata kunci: mengajar, membaca, dan pembelajaran kooperatif.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar