https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
IMPROVING STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION OF SMA NEGERI 2 LUWUK THROUGH ADAPTING DICTOGLOSS | Anwar | BAHASANTODEA

IMPROVING STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION OF SMA NEGERI 2 LUWUK THROUGH ADAPTING DICTOGLOSS

Anwar Anwar

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengkaji tingkat pemahaman siswa dalam menyimak melalui adaptasi Dictogloss dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan melibatkan 31 orang siswa SMA sebagai subjek penelitian. Di setiap pertemuan, proses pembelajaran terdiri dari 4 tahap yaitu: preparation, dictation, discussion, dan analysis and correction. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi, catatan lapangan dan kuesioner, dan data kuanitatif diperoleh dari evaluasi 1 dan evaluasi 2. Setelah implementasi teknik Dictogloss, diperoleh data dari siklus 1, skor rata-rata 78,06, mencapai KKM, namun persentase keberhasilan siswa tidak mencukupi, 58,06%. Setelah melakukan refleksi kegiatan, peneliti merevisi perencanaan pembelajaran berdasarkan pada tiga aspek yaitu persiapan, alokasi waktu, dan tindakan. Pada siklus 2 diperoleh skor rata-rata 89,68, dan persentasi keberhasilan siswa 96,77%. Kedua perolehan tersebut telah memenuhi prasyarat kesuksesan dari penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa teknik Dictogloss efektif dalam meningkatkan tingkat pemahaman menyimak siswa, kosakata, pengucapan, dan juga minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Kata kunci: Meningkatkan, Kemampuan Menyimak, Teknik Dictogloss


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar