https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
DEVELOPING STUDENTS’ SKILL IN WRITING NARRATIVE TEXT AT SMA NEGERI 1 TORUE THROUGH COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION | Tamanampo | BAHASANTODEA

DEVELOPING STUDENTS’ SKILL IN WRITING NARRATIVE TEXT AT SMA NEGERI 1 TORUE THROUGH COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION

Heni Oktavianti Tamanampo

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada SMA Negeri 1 Torue. Subyek penelilitian ini adalah 38 siswa kelas XC tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan siswa dalam menulis teks naratif dapat dikembangkan melalui CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Data dikumpulkan dari observasi, catatan di lapangan, kuesioner, dan tes. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Ada dua kriteria keberhasilan dalam penelitian ini; pertama, siswa harus mendapatkan nilai sama atau lebih dari 70 sebagai nilai individu dan harus dicapai oleh 75% dari  keseluruhan  jumlah siswa, dan kriteria kedua adalah keterlibatan aktif siswa  sama atau lebih dari 75% dari keseluruhan jumlah siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil siklus 1, pencapaian belajar siswa adalah 58% ( 22 dari 38 siswa) mendapatkan nilai diatas 70, dan keterlibatan aktif siswa adalah 72,8%. Setelah menerapkan perencanan yang direvisi dalam siklus 2, pencapaian belajar siswa adalah 79% (30 dari 38 siswa) mendapatkan nilai diatas 70, dan keterlibatan aktif siswa adalah 86,7%. Hal ini menunjukan bahwa hasil siklus 1 tidak memenuhi ke dua kriteria keberhasilan. Pengembangan dan pencapaian kriteria keberhasilan terjadi dalam siklus 2. Hal ini mengindikasikan bahwa CIRC efektif dalam mengembangkan keterampilan siswa dalam menulis teks naratif. Oleh karena itu, CIRC sangat potensial untuk diterapkan dalam pelajaran menulis.

Kata-Kata Kunci: CIRC, mengembangkan, keterampilan menulis, teks naratif.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar