https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
DEVELOPING WRITING SKILL OF GRADE X STUDENTS AT SMA ALKHAIRAAT KALUKUBULA THROUGH PROCESS-ORIENTED APPROACH | Akil | BAHASANTODEA

DEVELOPING WRITING SKILL OF GRADE X STUDENTS AT SMA ALKHAIRAAT KALUKUBULA THROUGH PROCESS-ORIENTED APPROACH

St. Aqifah Akil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa kelas X pada SMA Alkhairaat Kalukubula melalui pendekatan berorientasi proses. Ada tiga komponen penulisan yang dievaluasi dalam penulisan sebuah deskriptif teks yaitu pengaturan gagasan, penggunaan tata bahasa dan mekanisme penulisan. Penelitian ini menerapkan sebuah rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Kedua siklus tersebut terdiri dari tiga pertemuan yang mana di dalamnya pendekatan proses diterapkan. Dalam setiap pertemuan ada tiga tahapan proses belajar dan mengajar: kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ada 25 siswa sebagai subjek studi ini. Untuk mengukur apakah keterampilan menulis siswa sudah meningkat, tes individu dilaksanakan setelah tiga pertemuan di setiap siklus. Hasil tes individu pada siklus 1 menunjukkan bahwa hanya 11 siswa (44%) yang mencapai kriteria kesuksesan. Itu berarti bahwa hasil siklus 1 belum berhasil; siklus 2 lebih meningkat daripada siklus 1. Hanya 4 siswa (16%) yang  menunjukkan bahwa tulisan mereka rendah. Itu berarti bahwa 21 siswa (84%) telah memenuhi kriteria ketuntasan. Itu menunjukkan bahwa siswa dapat menghasilkan sebuah teks deskriptif dengan menggunakan pendekatan proses. Mereka bisa menyusun gagasan-gagasan mereka ke dalam paragrap identifikasi dan paragrap deskripsi. Mereka juga bisa menulis kalimat-kalimat dengan mengikuti pola simple present tense dan copula Be present. Mereka pun mampu mengurangi kesalahan mereka dalam mekanisme penulisan. Ini membuktikan bahwa pendekatan ini efektif dalam pengajaran keterampilan penulisan.

Kata kunci: Mengembangkan, Keterampilan Menulis, Pendekatan Berorientasi Proses


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar