https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
MOTIVATION AND PERCEPTION OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL EFL TEACHERS ON THEIR PARTICIPATION IN THE 2013 CURRICULUM IMPLEMENTATION TRAINING | Marhum | BAHASANTODEA

MOTIVATION AND PERCEPTION OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL EFL TEACHERS ON THEIR PARTICIPATION IN THE 2013 CURRICULUM IMPLEMENTATION TRAINING

Nunun Kalsum J. Marhum, Konder Manurung, Abd. Kamaruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis motivasi yang paling berpengaruh mendorong Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Kejuruan untuk berpartisipasi dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, serta untuk mengetahui persepsi mereka mengenai efektifitas Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 tersebut. Dengan menggunakan desain kualitatif, penelitian ini menggambarkan temuan penelitian dengan menggunakan teknik triangulasi, berdasarkan data yang diperoleh dari kuesioner, observasi, wawancara, dan studi dokumen, terhadap tiga puluh dua guru Bahasa Inggris SMK, satu Instruktur Pelatihan, dan satu Penanggungjawab Pelatihan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat motivasi intrinsik responden adalah 141/sangat tinggi, motivasi ekstrinsik 127/tinggi, dan amotivitasi 47/rendah. Selain itu, responden berpendapat bahwa aktifitas, instruktur dan modul pelatihan, efektif dalam meningkatkan pemahaman, kemampuan dan motivasi mereka untuk  menerapkan Kurikulum 2013 sesuai dengan substansi Kurikulum 2013. Sebagai kesimpulan, motivasi yang paling berpengaruh mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 adalah motivasi intrinsik, dan menurut mereka pelatihan tersebut efektif dalam meningkatkan pemahaman, kemampuan dan motivasi mereka untuk menerapkan Kurikulum 2013 sesuai dengan substansinya.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar