https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
IMPLEMENTING STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TECHNIQUE TO IMPROVE SPEAKING SKILL AND TO ENHANCE MOTIVATION OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 1 BUNGKU | Amin | BAHASANTODEA

IMPLEMENTING STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TECHNIQUE TO IMPROVE SPEAKING SKILL AND TO ENHANCE MOTIVATION OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 1 BUNGKU

Moh. Amin, Mochtar Marhum, Baso Andi Pallawa

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah para siswa yang diajar dengan menerapkan Student Teams-Achievement Division (STAD) teknik mengembangkan keterampilan berbicara lebih baik dan meningkatkan motivasi. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan pre test post-tes one group design. Sebanyak 29 orang siswa kelas XI IPA 3 menjadi sample pada kelas eksperimental dan 29 siswa kelas XI IPA 2 pada kelas kontrol menjadi sampel dan dipilih menggunakan convenience sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuisioner dan tes. Nilai rata-rata dari tes awal pada kelas eksperimen adalah 31.79 dan nilai rata-rata tes awal dari kelas kontrol adalah 32.82. Sementara, nilai rata-rata tes akhir dari kelas eksperimen yaitu 73.90 dan nilai rata-rata tes akhir kelas kontrol adalah 53.16 Data yang didapatkan dari tes awal dan tes akhir dianalisis secara statistik menggunakan perhitungan independent t-test. Berdasarkan analisis hasil t-test awal didapatkan t-hitung untuk df=56 adalah 5.212 lebih besar dari t-table (2.003) pada taraf signifikansi 0.05 untuk tes dua arah (t-hitung: 5.212 > t-table: 2.003). Hasil dari kuesioner yang dibagikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisa menggunakan skala Likert dan dengan teknik persentase. Hasil analisis menunjukan bahwa 89.65% dari siswa di kelas eksperimen berada pada kategori motivasi tinggi dan ini berlawanan dengan kelas kontrol yang hanya 55.72% siswa pada kategori motivasi tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menerapkan teknik STAD memiliki perkembangan pada keterampilan berbicara siswa dan peningkatan motivasi siswa dalam belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar