https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
IMPROVING READING COMPREHENSION OF GRADE EIGHT STUDENTS AT SMPN 20 SIGI THROUGH COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING APPROACH | Kumowal | BAHASANTODEA

IMPROVING READING COMPREHENSION OF GRADE EIGHT STUDENTS AT SMPN 20 SIGI THROUGH COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING APPROACH

Widiatris Apriyani Kumowal, Konder Manurung, Mochtar Marhum

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks deskriptif di kelas delapan SMP Negeri 20 Sigi dengan pendekatan pengajaran bahasa yang komunikatif.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan B yang berjumlah 20 siswa, 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.  Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Tiga kali pertemuan yakni melakukakan proses belajar mengajar memahami teks descriptif dengan prosedur tiga fase membaca, sebelum membaca, pada saat membaca, dan pada akhir membaca yang mana pada saat membaca juga terbagi dalam tiga tingkatan pemahaman membaca.  Satu kali pertemuan dilakukan untuk mengevaluasi pencapaian individu setiap siswa. Standar minimum kesuksesan siswa secara individu dalam proses belajar adalah 70 dan standar kesuksesan secara menyeluruh adalah 80% dari keseluruhan jumlah siswa mencapai nilai 70. Hasil penelitian ini melalui tes pencapaian telah menunjukkan bahwa pada siklus satu hanya terdapat 6 orang siswa atau 30 % siswa yang mencapai target ketuntasan. Hasil pada siklus dua menunjukkan adanya peningkatan karena sejumlah 18 orang siswa atau 90 % siswa mencapai target ketuntasan. Berdasarkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai target ketuntasan pada siklus kedua, maka dapatlah disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan pengajaran bahasa yang komunikatif dalam memahami teks deskriptif pada siswa kelas delapan B di SMP Negeri 20 Sigi adalah efektif dalam  meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks deskriptif.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar