IMPROVING READING COMPREHENSION OF THE GRADE X STUDENTS OF SMK NEGERI 1 RANTEPAO BY USING READING NEWSPAPER

Marselina Ponglimbong, Konder Manurung, Sudarkam R. Mertosono

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan apakah penggunaan koran dapat meningkatkan pemahaman membaca dalam bahasa Inggris pada siswa siswi kelas X SMK Negeri 1 Rantepao. Di dalam penelitian ini,  peneliti menggunakan quasi experimental design non-equivalenth group yang terdiri dari kelas eksperimental dan kelas kontrol.Peneliti menggunakan purposive sampling dalam pengambilan sampel yang diambil dari populasi kelas X SMK Negeri 1 Rantepao. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan test. Data analisa dilakukan secara statistik dan deskriptif. Berdasarkan hasil data yang telah dianalisis, ditemukan bahwa 3.52 untuk nilai t-hitungdengan menggunakan dk 37+37-2 = 72 pada taraf signifikansi 0.05. Sedangkan nilai t-table adalah 1.995 Berdasarkan hasil dari data yang telah di analisis tersebut, hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari pada t-table. Sehingga, hipotesis dalam penitian ini diterima atau dengan kata lain penggunakan koran memberikan pengaruh penting dalam kemampuan siswa-siswi dalam membaca bahasa Inggris.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar