https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
THE INFLUENCE OF COLLABORATIVE STRATEGIC READING (CSR) TECHNIQUE ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT OF THE THIRD GRADE STUDENTS OF MAN 2 MODEL PALU | Husni | BAHASANTODEA

THE INFLUENCE OF COLLABORATIVE STRATEGIC READING (CSR) TECHNIQUE ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT OF THE THIRD GRADE STUDENTS OF MAN 2 MODEL PALU

Nanda Annisa Husni, Konder Manurung, Abd. Kamarudin

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah para siswa yang diajar dengan menggunakan Collaborative Strategic Reading (CSR) menunjukan pencapaian yang lebih baik dalam membaca narative text. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan pre test post-tes one group design. Sejumlah 21 orang siswa kelas 3 IPA 1 menjadi sample dan dipilih menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi ceklist dan tes. Berdasarkan hasil perhitungan nilai rata-rata, nilai rata-rata tes awal adalah 36.35, dan nilai rata-rata yang diperoleh dari tes akhir adalah 86.03. Data yang didapatkan dari tes awal dan tes akhir dianalisis secara statistik menggunakan perhitungan formula t-test. Hasil t-table untuk dk 21-1=20 pada taraf signifikansi 0.05 adalah 1.725 dan hasil t-hitung 13.03 menunjukan t-hitung lebih besar dari t-table. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa CSR terbukti effektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar