IMPROVING READING COMPREHENSION OF GRADE XI STUDENTS OF POST HARVEST DEPARTMENT AT SMK NEGERI 1 KAROSSATHROUGH PQRST METHOD

Firman Firman, Mochtar Marhum, Sudarkam R. Mertosono

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah membuktikan bahwa penggunaan metode PQRST dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas XIJurusan TPHP SMK Negeri 1 Karossa. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar pengamatan dan tes. Dalam melaksanakan penelitian, peneliti menggunakan metode PQRST untuk meningkatkan pemahaman membaca pada teks prosedur.  Peneliti menggunakan metode PQRST dengan melakukan beberapa langkah yaitu siswa melakukan pra-membaca, membuat beberapa pertanyaan, membaca teks bacaan secara keseluruhan, meringkas teks, dan melakukan tes. Peneliti juga membagi mereka dalam beberapa pasangan agar mereka bisa berbagi dan saling menolong satu sama lain. Ini sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Pada siklus pertama siswa yang mendapatkan nilai sesuai standar ketuntasan minimal adalah sejumlah 10 siswa atau 62.5% dari total siswa yang diteliti. Jumlah ini belum mencapai kriteria sukses penelitian, dimana nilai yang ditetapkan adalah 70%. Penelitian dilanjutkan ketahapan selanjutnya dan pada siklus kedua. Jumlah siswa yang memperolehnilai kriteria sukses adalah sebesar 81.25%. Pada siklus dua, kriteria sukses penelitian telah didapatkan dan penelitian dihentikan setelah siklus dua.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar