https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
THE EFFECTIVENESS OF PRE-LISTENING ACTIVITIES IN IMPROVING THE LISTENING COMPREHENSION OF GRADE XI STUDENTS OF SMAN 3 PALU | Sari | BAHASANTODEA

THE EFFECTIVENESS OF PRE-LISTENING ACTIVITIES IN IMPROVING THE LISTENING COMPREHENSION OF GRADE XI STUDENTS OF SMAN 3 PALU

Fierda Mia Rianty Sari, Mochtar Marhum, Sriati Usman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan kegiatan sebelum menyimak mempunyai efek dalam memperbaiki pemahaman menyimak siswa kelas XI SMAN 3 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental dengan rancangan non-equivalent kontrol group desain. Teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling, dimana peneliti secara sengaja memilih kelas IX IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan test. Data dianalisa menggunakan statistik uji-t dan statistik. Berdasarkan hasil test, nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 88.37, sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 79.42. Hasil perbandingan melalui uji-t menunjukan bahwa nilai t-hitung (3.43) lebih tinggi dibandingkan t-tabel (1.99). Nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen meningkat dari 54.86 menjadi 88.3. Selanjutnya, hasil dari observasi menunjukan bahwa sembilan puluh empat persen  (94%) siswa berpartisipasi secara aktif selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil test dan observasi, ditemukan bahwa hipotesa alternatif (Ha) diterima dan Hipotesa nol (Ho) ditolak. Dengan kata lain, penerapan kegiatan sebelum menyimak mempunyai efek dalam memperbaiki pemahaman menyimak siswa kelas XI di SMAN 3 Palu.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar