https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
THE EFFECTIVENESS OF READING TEXT AS A MEDIA IN IMPROVING WRITING SKILL OF THE TENTH GRADE STUDENTS AT MAN 1 PALU | Aswin | BAHASANTODEA

THE EFFECTIVENESS OF READING TEXT AS A MEDIA IN IMPROVING WRITING SKILL OF THE TENTH GRADE STUDENTS AT MAN 1 PALU

Anita Aswin, Sriati Usman, Abdul Kamaruddin

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk menemukan apakah penggunaan teks bacaan efektif dalam memperbaiki keterampilan menulis siswa kelas X di MAN 1 Palu. Desain dari penelitian ini adalah  kuasi-eksperimental desain dengan non-ekuivalent grup kontrol. Sampel dalam penelitian ini dipilih melalui teknik cluster random sampling. Sebagai hasilnya, kelas X IIB dipilih sebagai kelas eksperimental dan kelas X IIS 3 terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test dan lembar observasi. Data dianalisa menggunakan statistik uji-t dan metode deskriptif. Berdasarkan hasil uji t-test, nilai rata-rata pada kelas eksperimental adalah 84,7, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 79.8. Hasil perbandingan melalui uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung (3.14) lebih tinggi dibandingkan nilai t-tabel (2.0063). Nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen meningkat dari 81.4 menjadi 84.7. Selanjutnya, hasil dari lembar observasi menunjukkan bahwa sebanyak sembilan puluh dua persen (92%) siswa berpartisipasi secara aktif di dalam proses pembelajaran. Hasil dari test menunjukkan bahwa penggunaan teks bacaan sebagai media efektif dalam memperbaiki keterampilan menulis siswa kelas X di MAN 1 Palu.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar