THE EFFECTIVENESS OF USING SONGS IN INCREASING VOCABULARY MASTERY OF THE GRADE V STUDENTS AT SD GAMALIEL PALU
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan penggunaan lagu dalam meningkatkan kosakata. Penelitian ini menerapkan desain kuasi eksperimental dengan nonequivalent pretest-posttest kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gamaliel Palu yang berjumlah 75 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti memilih kelas V Filemon yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V Simon yang berjumlah 25 siswa sebagai kontrol kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dikumpulkan dan dianalisa dengan menggunakan statistik uji-t dan metode deskriptif. Nilai rata-rata pre test kelas eksperimen adalah 63.03, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 62.6. Nilai post test pada kelas eksperimen adalah 80.2, sedangkan nilai rata-rata kelas control adalah 74.9. Selanjutnya, hasil observasi menunjukkan bahwa Sembilan puluh dua persen (92%) siswa berpartisipasi secara aktif selama proses pembelajaran. Dengan menerapkan 0.05 tingkat signifikansi dan derajat kebebasan (df) 48, ditemukan perbandingan yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung (2.51) lebih tinggi dibandingkan nilai t-tabel (2.012). Hal ini menunjukan bahwa penggunanaan lagu dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas V SD Gamaliel Palu efektif berdasarkan nilai yang diperoleh kedua kelas.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bahasantodea is currently indexed by: