IMPROVING READING COMPREHENSION ON NARRATIVE TEXT TO GRADE XI STUDENTS OF MA MUHAMMADIYAH PALU THROUGH VIDEO

Idham Dg. Malino, Hasan Basri, Ferry Rita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pemahaman siswa terhadap bacaan teks jenis naratif. Sebelumnya, peneliti menemukan masalah pada sikap siswa dalam membaca teks jenis naratif; nilai sebagian siswa masih rendah pada teks jenis ini. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif menggunakan video dengan teks sebagai media untuk memperbaiki pemahaman membaca siswa kelas XI MA Muhammadiyah Palu pada teks naratif. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah ketika 80% dari siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal ≥ 75. Pada siklus pertama terdapat 68.18% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal ≥75. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan sikap siswa terhadap pembelajaran dan hasil tes menunjukkan persentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal adalah 86.36%, artinya hasil pembelajaran telah melewati kriteria sukses penelitian. Kesimpulannya, menggunakan video dengan teks dalam mengajar meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks naratif.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar