TEACHING ENGLISH VOCABULARY TO MENTALLY RETARDED STUDENTS OF SLB NEGERI 2 PALU THROUGH MAKE-A-MATCH TECHNIQUE

Dian Anggraeni, Mochtar Marhum, Sudarkam R. Mertosono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana menemukan pencapaian kosakata dengan menggunakan teknik “ Mencari Pasangan “. Penelitian ini dilakukan di SLB Negeri 2 Palu khususnya bagi siswa Tuna Grahita tahun ajaran 2015-2016 sebagai subjek di penelitian ini. Subject pada penelitian ini terdiri dari 10 siswa. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas).  Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan, dan dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuanlitatif dan kualitatif (deskriptif).Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes siswa dalam penguasaan kosakata, sedangkan kualitatif diperoleh dari observasi dan field note. Berdasarkan data tersebut,pada tes1,dari hasil penelitian diperoleh 5 siswa (50 %)pada tingkatan rendah, sedangkan pada test II hasil penelitian diperoleh 8 siswa ( 80 % )berhasil. Setelah seluruh data yang diperoleh. dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kosakata melalui tehnik “Mencari Pasangan“  dapat membuat proses pembelajaran menarik, membuat siswa paham akan arti kata, membuat siswa mempunyai kemampuan berkomunikasi terhadap orang lain. Terbukti dengan adanya pembelajaran kosakata melalui tehnik “ Mencari Pasangan “ memperbaiki penguasaan kosakata siswa. Diharapkan bahwa tehnik “ Mencari Pasangan “ sebagai salah satu tehnik dalam pembelajaran kosakata yang digunakan

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar