INCREASING VOCABULARY OF GRADE IV PUPILS OF SDN 1 LUMBUMAMARA THROUGH FUN GAME

Abdul Waris, Mochtar Marhum, Sudarkam Mertosono

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah membuktikan bahwa penggunaan permainan menyenangkan dapat meningkatkan kosakata pada murid kelas IV SDN 1 Lumbumamara. Penulis menggunakan penelitian tindakan kelas. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar pengamatan, catatan lapangan, dan tes. Pada siklus satu sampai siklus dua penulis menggunakan permainan gambar sebagai media untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada kata kerja dan kata benda.  Penulis menggunakan  permainan gambar  dengan menggunakan kartu yang berisi kosa kata dan memberikan  pemahaman kepada murid untuk dapat memahami  kata-kata tersebut karena permainan ini adalah pembelajaran yang menyenangkan. Penulis mengarahkan murid untuk melakukan aktivitas menggambar, berpikir, menebak, dan diakhiri dengan tes penguasaan kosa kata. Pada siklus pertama murid yang mendapatkan nilai sesuai standar ketuntasan minimal adalah sejumlah 10 murid atau 58.82% dari total murid yang diteliti. Jumlah ini belum mencapai kriteria sukses penelitian, dimana nilai yang ditetapkan adalah 70%. Penelitian dilanjutkan ke tahapan selanjutnya dan pada siklus kedua jumlah murid yang memperoleh nilai kriteria sukses adalah sebesar 82.35%. Pada siklus dua kriteria sukses penelitian telah didapatkan dan penelitian dihentikan di siklus dua.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar