https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
DEVELOPING LISTENING SKILL OF THE GRADE VIII STUDENTS AT SMP NEGERI 19 PALU THROUGH ENGLISH SONGS | Junuddin | BAHASANTODEA

DEVELOPING LISTENING SKILL OF THE GRADE VIII STUDENTS AT SMP NEGERI 19 PALU THROUGH ENGLISH SONGS

Riry Junuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan siswa kelas delapan di SMPN 19 Palu melalui lagu bahasa Inggris. Penelitian ini dirancang sebagai kolaboratif penelitian tindakan kelas di mana peneliti dan kolaborator-nya bekerja sama untuk merancang rencana pelajaran, menerapkan tindakan, mengamati efek tindakan, dan merefleksikan hasil dari tindakan. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti bertindak sebagai praktisi, motivator, dan fasilitator, sedangkan kolaboratornya menjadi pengamat dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Siklus 1 terdiri dari dua pertemuan dan siklus 2 terdiri dari dua pertemuan. Lagu Bahasa Inggris digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari dua puluh siswa. Data menunjukkan bahwa siswa menikmati dan senang dalam proses belajar dan mengajar. Para siswa sangat aktif dalam melakukan semua tugas-tugas. Untuk memperoleh data apakah tanggapan siswa keterampilan mendengar dapat dikembangkan, diberikan kuesioner dan tes individu. Pelaksanaan dua siklus menunjukkan peningkatan prestasi siswa. Ada 13 (65,00%) siswa yang berhasil dan 10 (30,00%) siswa dianggap gagal. Kemudian, berhasil meningkat menjadi 15 (75%) siswa dan gagal menurun menjadi 5 (25.00%) siswa pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa tindakan dilaksanakan dalam dua siklus dianggap berhasil untuk memecahkan masalah keterampilan mendengarkan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar