https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
APPLYING CONTEXTUAL PICTURES TO DEVELOP STUDENTS’ WRITING SKILL AT SMA NEGERI 1 BUKO | Nggolaon | BAHASANTODEA

APPLYING CONTEXTUAL PICTURES TO DEVELOP STUDENTS’ WRITING SKILL AT SMA NEGERI 1 BUKO

Desriani Nggolaon, Anshari Syafar, Muh. Asri Hente

Abstract


Penelitian quasi-eksperimental ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi gambar-gambar kontekstual terhadap pengembangan kemampuan menulis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Buko. Populasi ini diambil untuk sampel penelitian. Penelitian ini melibatkan 22 siswa pada kelas eksperimen dan 23 siswa pada kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen utama yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah test. Data dianalisis dengan menggunakan t-test analisis untuk membandingkan skor rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata 81.8 dari kelas eksperimen lebih besar dari pada skor rata-rata 73,5 dari kelas kontrol. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus t-test. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t-hitung adalah 4.234. Dengan menerapkan tingkat signifikansi 0.05 dan derajat kebebasan (df) 43, nilai t-table adalah 1.681. Dengan demikian, maka Haditerima karena nilai t-counted 4.234lebih besar dari nilai t-tabel 1.681. Ini berarti bahwa ada pengembangan kemampuan menulis pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan aplikasi gambar kontekstual. Dapat disimpulkan bahwa penerapan gambar-gambar kontekstual sangat efektif untuk digunakan dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bahasantodea is currently indexed by:

 

Google Scholar