https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa pada Wacana Iklan Sepeda Motor | Ekawati | BAHASA DAN SASTRA

Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa pada Wacana Iklan Sepeda Motor

Ekawati Ekawati

Abstract


Fokus permasalahan dalam penelitian ini; bagaimanakah penggunaan diksi dan gaya bahasa pada wacana iklan sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah penggunaan diksi dan gaya bahasa pada wacana iklan sepeda motor. Manfaat penelitian (1) memberikan masukan pada pembuat iklan agar lebih kreatif dan inovatif, (2) dijadikan alternatif sebagai bahan pembelajaran di sekolah khususnya diksi dan gaya bahasa, (3) sebagai acuan bagi pihak-pihak yang hendak melakukan penelitian dengan topik yang sama. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif melalui pendekatan analisis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik padan intralingual, dan teknik padan ekstralingual. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil yang sama dengan mengacu pada kajian teori yang digunakan. Adapun hasil yang diperoleh yaitu makna denotasi merupakan makna lugas atau makna sebenarnya yang bersifat objektif. Makna yang ditemukan pada wacana iklan motor lebih banyak menunjukkan keunggulan sebagai kelebihan dari setiap produk yang diiklankan untuk mempersuasif pembaca atau calon konsumen. Penggunaan diksi pada wacana iklan sepeda motor Yamaha menggambarkan bahwa produksi Yamaha selalu mengeluarkan produk dengan perubahan, desain, dan gaya yang selalu baru. Pada wacana iklan sepeda motor Honda, penggunaan diksi atau pilihan kata selalu memunculkan kata teknologi yang menggambarkan bahwa setiap produksi Honda memiliki teknologi yang tidak terkalahkan. Sedangkan pada wacana iklan sepeda motor Suzuki lebih memilih penggunaan diksi yang menggambarkan bahwa produksi sepeda motor Suzuki lebih menunjukkan keunggulan pada kekuatan mesin yang tidak dapat dikalahkan, dan lebih eksklusif sesuai pilihan penggemar sepeda motor produksi Suzuki. Penelitian ini juga ditinjau dari aspek makna umum dan aspek makna khusus, serta gaya bahasa apa saja yang digunakan dalam iklan motor tersebut. Adapaun gaya bahasa atau majas yang banyak digunakan adalah gaya bahasa penegasan, yakni gaya bahasa retoris yang ditandai dari kata-kata yang digunakan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan diksi menggunakan makna denotasi untuk menjabarkan makna yang terkandung pada wacana iklan motor.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.