PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VIII MTSN 4 PALU

IKA SUPRIYATI

Abstract


ABSTRAK - Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Permasalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Palu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelasVIII MTs Negeri 4 Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Observasi, 2) wawancara dan 3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII A MTs Negeri 4 Palu. Hal ini didukung oleh data yang telah diperoleh yakni dilihat dari penerapan metode diskusi mendapatkan presentase sebesar 88% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa yakni berdasarkan empat aspek yang dinilai mencakup 1) aktif dalam 2) menyatakan pendapat, 3) sikap dalam menyatakan pendapat, cakupan materi pertanyaan, dan 4) jawaban atas pertanyaan diperoleh nilai 80 dari jumlah 31 siswa. Nilai 80 tersebut termasuk kategori baik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

 

Kata Kunci : Metode Diskusi, Keterampilan Berbicara,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.