ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA TEKS DIALOG SISWA KELAS VIIC DI SMP NEGERI 4 TOLITOLI
Abstract
ABSTRAK – Penelitian ini bertujuan memperoleh deskripsi tentang bentuk-bentuk kesalahan penggunaan ejaan pada teks dialog siswa SMP Negeri 4 Tolitoli. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik Pengumpulan data yaitu teknik pemberian tugas teks, dokumentasi, pengamatan, pencatatan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan-kesalahan ejaan seperti kesalahan penggunaan huruf kapital, penggunaan huruf kecil, penggunaan kata, penggunaan kata depan, penggunaan kata ulang, penggunaan singkatan, dan penggunaan tanda baca yaitu penggunaan tanda titik, penggunaan tanda koma, penggunaan tanda hubung, penggunaan tanda tanya, penggunaan tanda seru, penggunaan tanda petik dua. Kesalahan ini disebabkan karena faktor kurangnya pemahaman siswa tentang penggunaan ejaan yang baik dan benar yang mendasari pokok permasalahan dalam penelitian ini. Dalam hal ini, siswa harus dibekali tatacara menulis sebuah dialog menurut kaidah-kaidah dalam ejaan yang disempurnakan.
Kata Kunci: Kesalahan Penggunaan Ejaan, Teks Dialog
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.