https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
PENERAPAN PEMBELAJARAN RELASI MAKNA KAJIAN SEMANTIK DI KELAS V11 SMP N 19 PALU | ASWAT | BAHASA DAN SASTRA

PENERAPAN PEMBELAJARAN RELASI MAKNA KAJIAN SEMANTIK DI KELAS V11 SMP N 19 PALU

ASWAT ASWAT

Abstract


ABSTRAK - Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana penerapan pembelajaran relasi makna kajian semantik pada siswa di kelas VII SMP  N 19 Palu. Tujuan dalam penelitian adalah  mendeskripsikan penerapan pembelajaran relasi makna kajian semantik siswa kelas VII SMP N 19 Palu. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi dan tes evaluasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dapat diketahui melalui rubrik penilaian guru dan hasil tes evaluasi siswa. Jumlah rubrik penilaian guru sebanyak 24, rubrik penilaian guru  terdapat 12 komponen sangat baik  dengan persentase 50%, kemudian terdapat 7 komponen baik dengan persentase 29%, lalu terdapat 3 komponen cukup dengan persentase 12,5% dan terdapat 2 komponen kurang dengn persentase 8,3%. dan kemudian tes evaluasi siswa sebanyak 24 orang di kelas VII SMP N 19 Palu. Siswa yang memperoleh nilai 100-95 kategori sangat baik sebanyak 5 orang, siswa yang memperoleh nilai 80 sebanyak 9 orang, siswa yang memperoleh nilai 70 sebanyak 7 orang, siswa yang memperoleh nilai 60 sebanyak 3 orang. Jumlah siswa yang tuntas (≤ 70 ) = 21 orang siswa dan Jumlah yang tidak tuntas  ( 60 ) = 3 orang siswa. Persentase ketuntasan klasikal  .

 

Kata Kunci: Penerapan Pembelajaran, Relasi Makna, Kajian Semantik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.