Penerapan Model CTL pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VIII A di SMPN 4 Pasangkayu

I Kadek Dwi Putra Sentana, Saharudin Barasandji

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model CTL dalam pelajaran Bahasa Indonesia menulis surat dinas kelas VIII A di SMP N 4 Pasangkayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model CTL dalam pelajaran Bahasa Indonesia menulis surat dinas kelas VIII A di SMPN 4 Pasangkayu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Tujuan dugunakannya penelitian kualitatif di SMP N 4 Pasangkayu adalah untuk mendeskripsikan penerapan model CTL ( Kontextual Teaching and Learning ) dalam pelajaran Bahasa Indonesia menulis surat dinas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 4 Pasangkayu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian bertujuan yakni untuk memberi kemudahan peneliti dalam melakukan penelitian. Instrumen yang digunakan delam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Jenis dan sumber data adalah jenis data yang diperoleh data primer dan data sekunder, sumber data siswa kelas VIII A di SMP N 4 Pasangkayu. Teknik analisis data yang digunakan adalah Setelah data terkumpul, peneliti akan menganalisis data menggunakan data kuantitatif. Berdasarkan nilai rata-rata yang di peroleh siswa, diketahui bahwa Penerapan Model CTL Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Menulis Surat Dinas siswa kelas VIII A SMP N 4 Pasangkayu, dapat dikategorikan sudah mampu sesuai dengan keriteria, nilai cukup adalah 65 ke atas, sedangkan 64 ke bawah dikategorikan gagal. Nilai rata-rata maksimum yang diperoleh siswa adalah 75 menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. 

Kata Kunci:Model CTL, Bahasa Indonesia, Menulis Surat Dinas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.