THE ROLE OF COPROPHAGOUS BEETLES ON DUNG DECOMPOSITION AND ENHACEMENT SOIL FERTILITY: EFFECT OF BODY SIZE, SPECIES DIVERSITY AND BIOMASS

Shahabuddin Shahabuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keragaman spesies, ukuran dan biomassa kumbang koprofagus dalam merombak  kotoran  hewan  dan  meningkatkan  kesuburan  tanah.    Percobaan  dilakukan  menggunakan  Rancangan  Acak  Lengkap dengan  perlakuan    jumlah  dan  panjang  tubuh  spesies  kumbang  koprofagus.  Peubah  tergantung  yang  diamati  adalah  persentase kotoran yang terdekomposisi dan kadar bahan organik serta N,P,K total tanah sebagai indikator kesuburan tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kotoran hewan yang terdekomposisi lebih dipengaruhi oleh ukuran dan biomassa kumbang yang terlibat dibandingkan dengan jumlah spesies. Persentase kotoran yang terdekomposisi berkorelasi positif dengan ukuran kumbang koprofagus. Kadar N,P,K total tanah meningkat mengikuti jumlah kotoran hewan yang terdekomposisi yang mengindikasikan bahwa aktifitas perombakan kotoran hewan oleh kumbang koprofagus berpengaruh positif terhadap kesuburan tanah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)

Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons

Agroland:Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian diterbitkan oleh Fakultas Pertanian Universitas Tadulako dan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats